Apakah Masih ada Tempat Bagi Rakyat Kurang Mampu di Negeri Ini?

Apabila subsidi BBM untuk orang mampu dihapus kita dapat mengerti dan bahkan mendukung. Tetapi, kalau ada rencana KRL ekonomi dihilangkan, ini membuat kita semua tercengang, dan terheran-heran. Kalau fasilitas KRL tidak memadai, alias membahayakan keselamatan penumpang, seperti alasan yang dikemukakan, ya seharusnya fasilitas KRL-nya yang diperbaiki sampai tidak membahayakan penumpang, bukan meniadakannya.

Salah satu tugas Pemerintah adalah menyediakan transportasi yang memadai, aman, dengan tarif terjangkau. Kalau terjangkaunya tariff transportasi untuk kalangan tertentu masih memerlukan subsidi, ya pemerintah harus mengalokasikan subsidi yang diperlukan. Karena, subsidi adalah satu mekanisme redistribusi pendapatan, bukankah begitu?

Pertimbangan ekonomis yang akhirnya meniadakan KRL ekonomi dengan alasan keamanan penumpang tidak dapat diterima. Keselamatan penumpang harus menjadi prioritas utama. Kita harus menghargai nyawa saudara-saudara kita yang kurang beruntung dan kurang mampu tersebut, tetapi juga sekaligus menyiapkan kebutuhan hidup mereka.

Comments

Popular posts from this blog

Ini Alasannya Mengapa Petani Menjadi Miskin Dalam Jangka Panjang

Realisasi dan Target Penerimaan Pajak 2015 dan 2016: tersandung di lubang yang sama?

Peran Perpajakan Sebagai Instrumen Redistribusi Pendapatan untuk Mengurangi Kesenjangan Sosial